Jumat, 12 Agustus 2011

Tips Atasi Bau Mulut Saat Puasa


Bau mulut dan puasa seringkali berkaitan karena tubuh kekurangan cairan tubuh yang dapat menyebabkan bau kurang sedap. Selain itu, karena tubuh tidak menerima asupan makanan, tubuh akan membakar persediaan lemak yang disebut dengan proses ketosis. Proses kimia pada tubuh saat ketosis menyebabkan mulut terasa kering dan beraroma kurang enak. Jadi, bagaimana mengatasinya?
bad breath
Daily Care
  • Sikat Gigi dan Lidah
Sikatlah gigi kamu setiap 3-4 jam sehingga bau nafas kamu akan tetap segar senantiasa. Jangan lupa menyikat bagian lidah karena perkembangbiakan jamur Candida di lidah yang terlalu aktif akan menyebabkan bau mulut. Terkadang, masalah pada tubuh juga dapat menyebabkan lidah menjadi putih dan mempengaruhi bau mulut.
  • Mouthwash 
Apabila kamu ingin solusi yang lebih praktis, kamu juga dapat menggunakan Listerine untuk kumur-kumur setiap beberapa jam sekali.

Food Choices
Pada saat sahur, jauhi makanan dan minuman penyebab bau mulut: 
  • Bawang Bombay, Bawang Merah dan Bawang Putih
Bawang-bawangan seperti bawang Bombay, bawang merah dan bawang putih mengandung senyawa belerang Atsiri yang menghasilkan bau yang juga ditemukan dalam telur busuk karena kandungan amonia.
  • Susu dan Keju
Susu dan keju menghasilkan bau asam yang disebabkan oleh bakteri yang sama dengan bakteri penyebab bau mulut.
  • Ikan
Makan ikan akan menyisakan bau amis pada mulut kamu.
  • Kopi
Kopi mengandung asam. Meminum kopi akan menyebabkan tingkat keasaman dalam mulut yang mempercepat reproduksi bakteri (termasuk bakteri penyebab bau mulut).
Nah, semoga dengan mengikuti tips-tips di atas kamu akan bebas dari bau mulut yang mengganggu saat puasa. Kalau kamu punya tips jitu lainnya, share di sini ya!

* Fimela.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar