Kamis, 07 Juli 2011

Berapa Umur Kulit Kamu??

Setiap tahun kita merayakan hari ulang tahun sejalan dengan usia yang bertambah setiap tahunnya. Tetapi tahukah kamu kalau kulit kita pun memiliki umurnya sendiri? Umur kamu mungkin baru 29 tahun, tetapi apabila kulit tidak cukup terawat maka bukan tidak mungkin bahwa kulit kamu sudah berumur 38 tahun dan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti dehidrasi, munculnya keriput serta noda dan bercak pada wajah. Bagaimana mengukur umur kulit? Dan bagaimana cara merawat wajah agar kulit kita tidak mengalami penuaan dini? Semua pertanyaan kamu akan terjawab di sini.
Apa sih penyebab usia kulit kita menjadi lebih tua dari usia kita yang sebenarnya?
Yang terutama, check your lifestyle. Apabila kamu selalu berada di ruangan ber-AC, atau justru berada di luar ruangan sehingga rentan dengan sinar matahari. Kemudian ditambah dengan pola hidup tidak sehat seperti merokok, makan makanan junk food dan tidak memiliki tidur yang cukup. Atau, walaupun kamu sudah hidup dengan pola hidup sehat, tetapi tanpa perawatan kulit yang rutin dan tepat, maka kamu akan rentan dengan penuaan dini pada kulit dimana usia kulit kamu jauh lebih tua dari usia biologis kamu. 

Bagaimana caranya untuk dapat mengetahui umur kulit kita? 
Untungnya dengan kemajuan teknologi, sekarang kamu dapat mengetahui usia kulit kamu dengan menggunakan sebuah alat khusus.

Lalu, apa yang harus dilakukan setelah kita mengetahui umur kulit kita? 
1. Be honest with your skin
Bear in mind bahwa apabila usia kulit kamu lebih tua dari usia biologis kamu, you have to be honest with your skin dengan menggunakan produk yang sesuai untuk umur kulit kamu saat ini, dan bukan usia kamu. Jadi, mungkin saja di umur kamu yang masih 30 tahun, kamu sudah harus memulai perawatan dengan produk anti aging apabila kulit kamu sudah memerlukannya.

2. Melakukan rutinitas perawatan kulit yang tepat.

Beberapa hari yang lalu, saya datang ke butik Menard yang berada di Seibu Grand Indonesia. Dengan menggunakan alat khusus, mereka menganalisa tekstur kulit, kelembapan, kekenyalan, sampai umur kulit. Untungnya, umur kulit saya ternyata persis sesuai dengan usia saya. Namun, bukan berarti tanpa masalah karena ternyata kadar air di kulit terhitung kurang sehingga kulit mengalami dehidrasi yang dapat berakibat munculnya keriput dini pada kulit.
Saya cukup kaget karena sejujurnya saya selalu merawat kulit dengan daily skin care, menggunakan sunscreen setiap hari, sampai melakukan oxygen facial setiap bulannya. Tetapi setelah diteliti, ternyata metode daily skin care yang saya lakukan selama ini salah.
Jadi, seharusnya perawatan kulit yang benar itu bagaimana?

- Cleansing 

Jangan lupa menggunakan cleanser untuk membersihkan kulit dari make up ataupun debu dan kotoran yang menempel pada wajah. Basuh dengan air kemudian tepuk-tepuk dengan handuk sehingga kulit wajah kembali kering.
Tips: Bersihkan wajah dengan cleanser menggunakan jari-jari dengan gerakan memutar. Lakukan dengan jari-jari seperti meluncur pada wajah dan tanpa tekanan karena tekanan dapat merusak tekstur kulit wajah.

- Washing
demo, beautyBusa untuk mencuci wajah harus sampai padat seperti iniSetelah permukaan kulit dibersihkan dengan cleanser, pori-pori pada kulit juga harus dibersihkan dengan washing cream. Yang menarik, washing cream ini harus diberi air dan digosok hingga membentuk busa yang padat. Sehingga, setiap butir dari busa akan menempel pada setiap pori pada kulit, dan pada saat dibilas, busa akan larut bersama dengan segala kotoran pada pori-pori.
Tips: Kamu dapat menggunakan net khusus pembersih wajah, sehingga busa dari washing cream akan dapat dengan mudah menjadi padat. Juga, pastikan bahwa kulit wajah kamu tidak basah saat dibersihkan dengan busa karena apabila kulit kamu basah, busa tidak dapat menempel pada kulit untuk membersihkan dari kotoran.

- Massage
 
Lakukan pemijatan pada wajah dengan menggunakan massage cream selama 1 menit, dimulai dari arah dagu dengan gerakan memutar keatas sampai seluruh wajah. Pemijatan ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang regenerasi sel kulit. Hasilnya, kulit kamu akan terlihat lebih cerah dan merona.
Tips: Pemijatan dilakukan dengan jari tanpa tekanan, cukup seperti meluncur pada wajah.

-Toner/ Lotion
Toner berguna untuk mengangkat sisa-sisa kotoran/ minyak pada wajah, yang sekaligus menyegarkan dan melembapkan kulit.
Tips: Jangan menggosok wajah dengan kapas yang sudah diberi toner. Sebaiknya, tepuk-tepuk kapas pada satu bagian wajah hingga kulit menjadi dingin tanda air pada toner sudah meresap pada kulit. Lanjutkan sampai keseluruh bagian wajah.

- Moisturizer/ Emulsion

Moisturizer mengandung kadar air yang tinggi sehingga membantu untuk mengembalikan kelembapan kulit.
Tips: Jangan meninggalkan moisturizer pada kulit dalam keadaan basah, karena moisturizer belum meresap secara sempurna dan dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori. Sebaiknya usapkan moisturizer pada kulit sampai meresap dan kulit pada wajah akan terasa kesat.

- Cream

Cream mengandung vitamin dan mineral untuk memberi makan kulit. Day cream biasanya mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sebaliknya night cream mengandung lebih banyak vitamin dan mineral untuk membantu regenerasi kulit pada malam hari.
Pada kunjungan ke butik Menard, mereka melakukan demonstrasi perawatan kulit yang benar seperti diatas, dan hasilnya kulit wajah saya terasa sangat lembut, lembap, dan moist secara instan. Kulit saya pun terlihat glowing sampai mengundang pujian dari semua orang.
I can't recommend you enough about the importance of this skin care routine!

3. Healthy Lifestyle

Last but not least, hiduplah dengan pola hidup sehat dan buktikan sendiri efeknya pada kulit kamu.
Saya  tantang kalian untuk melakukan test untuk mengetahui usia kulit kalian, lalu lakukan step-step diatas setidaknya selama satu bulan, dan cek kembali keadaan kulit serta usia kulit kalian setelah sebulan.
* Fimela.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar