Rabu, 27 Juli 2011

Soal Mata Yang Penting Dibahas

Life is literally dark without them. Mungkin itu ungkapan yang pas kita rasakan untuk mata kita. Dua bagian kecil nan indah dalam tubuh kita ini sangat krusial dalam hidup. Tidak perlu dijabarkan lagi apa saja yang mata bisa berikan terhadap kita. Memandangi langit biru, menatap orang yang kita kasihi, atau bahkan hanya melihat lampu jalanan saat menyetir merupakan anugerah yang harus kita syukuri. Karena itu, yuk kita mulai jaga mata kita.

Seperti layaknya organ tubuh yang lain, jika tidak dijaga, mata kitapun bisa tidak berfungsi secara optimal. Beberapa gangguan pada mata diantaranya seperti penurunan kemampuan penglihatan, iritasi mata, sampai katarak atau kebutaan. Bahkan menurut studi Eye Disease Prevelance Research Group pada tahun 2004, diperkirakan pada tahun 2020, jumlah penderita penyakit mata dan kebutaan di dunia akan mencapai 55 juta jiwa. Studi ini juga menunjukkan bahwa jumlah penurunan fungsi mata dan kebutaan akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mostly terjadi untuk yang berumur di atas 65 tahun.

Ada satu elemen mata yang memiliki peranan penting, namun tidak banyak dikenal oleh kita: Macula. Bagian kecil dari mata ini berada di tengah-tengah retina dan bersebelahan langsung dengan lensa mata. Daerah kecil ini mengandung jutaan sel yang membantu menghasilkan penglihatan tajam dan jernih untuk melihat, membaca, atau melihat. Pigmen macular dapat melindungi retina dari radiasi sinar yang masuk ke mata. Karena sensitifitas macula yang sangat tinggi, penyerapan gelombang cahaya yang berlebihan dapat merusak optimalitas macula. Hal ini yang disebut dengan Macular Degeneration (MD). Yang terjadi jika seseorang menderita penyakit ini adalah tidak bisa melihat dengan jelas, bayangan kabur, seperti melihat halusinasi, bahkan penglihtaan bisa memburuk secara cepat.

Pencegahan MD dapat dilakukan dengan memakan makanan yang mengandung antioksidan, berhenti merokok, control tekanan darah tinggi, dan olahraga mata (menggerak-gerakan mata).

Kita juga dapat melindungi mata kita dari penyakit MD atau katarak dengan meningkatkan senyawa Lutein di tubuh kita. Apa itu Lutein? Ini adalah sejenis karotenoid yang merupakan senyawa berbentuk kristal padat dan berwarna kuning yang terdapat pada sayuran berwarna hijau. Kelebihan Lutein adalah membantu enyerapan cahaya biru yang dapat mencegah MD dan melindungi mata dari kerusakan oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet (UV) yang menyebabkan katarak.

Sudah tahu pentingnya mata bagi tubuh kita? Mulai sekarang lebih rajin lagi menjaga mata kita. Rajin-rajin minum vitamin A dan makanlah makanan yang mengandung lutimen tinggi seperti sayuran hijau dan yang mengandung anti oksidan juga. Senam mata dengan menggerak-gerakan bola mata dengan rutin dan teratur juga nggak kalah penting. Dan jangan lupa juga sering-sering mengistirahatkan mata jika terlalu lama memandangi monitor komputer.

Mata cantik kita, hanya kita yang dapat menjaganya.

* Fimela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar