Minggu, 26 Juni 2011

Cara Mengatasi Kerontokan Rambut (Botak)


Penyebab kebotakan pada pria (American Academy of Family Physicians), yaitu:

1. Faktor keturunan
Penyebab kebotakan yang paling umum adalah karena faktor keturunan.

2. Hormon yang tidak seimbang
Hormon yang tidak seimbang seperti hormon androgens dan estrogens atau tidak terlalu aktifnya kelenjar tiroid.

3. Efek setelah operasi
Kebotakan kadang-kadang terjadi tiga atau empat bulan setelah menjalani operasi besar.

4. Pengaruh obat-obatan
Beberapa obat-obatan seperti obat pengencer darah warfarin, obat rematik, obat-obatan psikiatri seperti lithium, pengobatan untuk tulang, kemoterapi dan obat antidepresi bisa menyebabkan rambut rontok yang dapat memicu kebotakan.

5. Akibat infeksi jamur
Infeksi jamur yang terjadi di kulit kepala bisa menyebabkan kebotakan.

6. Adanya gen
Gen menyebabkan kegagalan produksi dan perkembangan sel-sel rambut.

untuk mengatasi rambut botak kita harus tahu sebenarnya rambut botak itu penyebab rontoknya karena apa dulu, setelah mengetahui penyebab rontoknya baru kita bisa mengetahui cara apa yang paling pas buat mengatasi masalah rambut botak.

Cara menumbuhkan rambut botak karena rontok banyak sekali macam nya, jika rambut botak anda rontok karena suatu penyakit bisanya rambut tersebut akan tumbuh dengan sendirinya, sedangkan jika rambut botak yang ke rontokan nya disebabkan oleh faktor usia maka akan percuma bila di obati karena akan sia-sia, rujukan artikel kesehatan yang lain adalah cara menghilangkan ketombe.

Namun tidak perlu kuatir dengan masalah rambut rontok, berikut ada beberapa cara untuk mencegah rambut rontok secara alami :
  • Cara 1
Diamkan air teh kental selama semalam ( tanpa gula ), kemudian ke esokan harinya gunakan untuk membasahi kulit kepala sambil di pijat sampai merata dan diamnkan beberapa saat. Selanjutnya bilas dengan air bersih dan lakukan secara teratur 3 kali seminggu.

  • Cara 2
Gunakan minyak zaitun dan jojoba untuk memijat kulit kepala secara teratur, karena minyak tersebut dapat membantu pertumbuhan rambut baru.

  • Cara 3
Haluskan daun pare segar dan peras airnya, gunakan airnya untuk keramas dan diamkan selama 30 menit selanjutnya bilas hingga bersih.

  • Cara 4
Haluskan seledri beserta tangkainya secukupnya, kemudian oleskan pada kulit kepala sambil di pijat - pijat. Sebaiknya di lakukan setiap hari.
  • Cara 5
Gosokkan lidah buaya yang telah di kupas ke kepala hingga merata dan biarkan beberapa jam, lalu bilas hingga bersih. Lakukan rutin 3 kali seminggu.
  • Cara 6
Blender beberapa buah wortel sampai halus, kemudian peras airnya. Selanjutnya gunakan airnya untuk memijat kulit kepala, bungkus kepala dengan handuk dan diamkan semalaman. Bilas hingga bersih keesokan harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar