Kamis, 16 Juni 2011

Tips Lindungi Warna Rambut Saat Berenang

Berenang di kolam atau pantai memang menyenangkan dan bisa membentuk tubuh jadi lebih indah. Tapi mungkin tidak bagi rambut Anda, terutama bila rambut diwarnai atau di-highlight.

Kandungan klorin dalam air kolam atau garam di air laut bisa mengubah warna rambut Anda dan menjadikannya kusam. Penyebabnya, karena reaksi kimia yang disebut oksidasi. Baik klorin maupun garam bisa menyebabkan oksidasi. Tapi klorin bisa berdampak lebih parah.

Zat kimia ini bisa membuat rambut yang dicat pirang jadi kehijauan dan rambut coklat jadi kusam. Anda tidak mau kan, rambut yang sudah susah payah Anda warnai dan rawat jadi berkurang keindahannya? Jika rambut sudah berubah warna karena reaksi kimia ini, tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya selain mengecatnya ulang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memberi perlindungan pada rambut sebelum berenang, agar kerusakan rambut bisa dicegah. Penata rambut Chris Lospalluto dari New York memberikan tipsnya.

“Lapisi rambut Anda dengan sesuatu,” ujar Chris, seperti dikutip dari Fashionista. Caranya? Anda bisa memilih satu dari tiga alternatif ini.

1. Sebelum berenang, usapkan kondisioner tanpa dibilas pada seluruh bagian rambut. Mulai dari dekat akar hingga ujung rambut. Lapisan kondisioner ini akan melindungi rambut dari bahaya klorin dan air garam selama beberapa jam.

2. Anda juga bisa melumuri rambut dengan minyak zaitun. Seperti kita tahu, minyak dan air adalah senyawa yang saling bertolak atau tidak bisa menyatu. Jadi, air berklorin tidak bisa bersentuhan langsung dengan rambut Anda. Tapi ingat, segera keramas setelah berenang agar rambut tidak lepek.

3. Cara lain yang bisa dilakukan adalah memakai penutup kepala atau topi renang. Anda bisa menerapkan kondisioner sebelum memakainya untuk dapatkan kelembaban ekstra selama berenang.

Source : Wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar